Koperasi Pegawai Kementerian Perhubungan (Kopeg kemenhub) berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggotanya. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan agar kebutuhan anggota terpenuhi dan semakin nyaman dalam bertransaksi di koperasi.
Joko Santoso, Ketua Pengurus Kopegkemenhub mengatakan, pengurus terus melakukan inovasi sesuai perkembangan zaman di antaranya memperkuat layanan digital. “Digitalisasi layanan terutama untuk usaha simpan pinjam kami kembangkan untuk mempercepat proses transaksi,” ungkap Joko.
Kopegkemenhub yang didirikan pada 29 Oktober 1970 ini tengah mengembangkan aplikasi digital untuk layanan usaha simpan pinjam. Kehadiran aplikasi digital ini nantinya akan memudahkan dan mempercepat proses transaksi bagi anggota dan sesuai dengan tren layanan digital yang semakin meningkat.
Selain mengembangkan aplikasi digital, Kopegkemenhub juga memanjakan anggotanya yang disiplin dalam melunasi angsuran pinjaman melalui pemberian cash back. Ini merupakan upaya pengurus memberikan penghargaan kepada anggota yang menunaikan kewajibannya sesuai dengan waktu yang telah disepakati.
Peningkatan kualitas layanan lain yang dilakukan pengurus adalah mempercepat proses transaksi pinjaman menjadi 1(satu) hari kerja. Sebelumnya, proses persetujuan pinjaman membutuhkan waktu berhari-hari. Namun kini, menjadi lebih cepat dan tanpa ribet. Percepatan persetujuan pinjaman ini sesuai dengan harapan anggota.
Untuk mendukung kelancaran digitalisasi layanan, pengurus juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan. Sehingga nantinya operasionalisasi aplikasi tersebut dapat berjalan mulus. Pembenahan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital juga terus dikebut oleh pengurus.
Joko menambahkan, selain layanan simpan pinjam, Kopegkemenhub juga memiliki toko yang menyediakan aneka barang seperti sembako, alat tulis kantor hingga elektronik. Minat anggota terhadap usaha toko ini antusias yang dibuktikan dengan meningkatnya transaksi penjualan baik dengan sistem cash maupun kredit. “Toko Kopegkemenhub menyediakan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan anggota,” ucap Joko.
Keunggulan lain dari toko koperasi yang terletak di Kantor Kementerian Perhubungan di jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta ini selain barang yang dijajakan cukup lengkap adalah harganya yang kompetitif. Hal ini ditujukan agar anggota antusias untuk membeli di toko tersebut. Dengan semakin meningkatnya penjualan, maka keuntungan koperasi akan bertambah yang pada muaranya akan kembali kepada anggota dalam bentuk pembagian sisa hasil usaha.
Kopegkemenhub didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Modal KopegKemenhub berasal dari iuran anggota khususnya pegawai yang berada di lingkungan Sekretariat Jenderal.
Upaya pengurus untuk mengembangkan inovasi tanpa henti tidak sia-sia. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah anggota dan kinerja keuangan yang meningkat setiap tahun. “Dukungan anggota menjadi kunci utama meningkatnya kinerja koperasi,” pungkas Joko.
Pengurus ke depannya akan terus mengembangkan inovasi layanan agar anggota semakin loyal terhadap koperasi. Oleh karenanya, partisipasi dan dukungan anggota sangat dibutuhkan agar usaha Kopegkemenhub semakin berkembang pada masa mendatang.