• pkpridki@gmail.com
  • 082113432740
Team Photo

Kontak

Koperasi Pegawai Kementerian Perhubungan RI

Jl. Merdeka Barat No. 8 Jakarta Pusat

Koperasi Pegawai Kementerian Perhubungan (Kopeg kemenhub) berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi anggotanya. Hal ini diwujudkan dengan meningkatkan kualitas produk dan layanan agar kebutuhan anggota terpenuhi dan semakin nyaman dalam bertransaksi di koperasi.

Joko Santoso, Ketua Pengurus Kopegkemenhub mengatakan, pengurus terus melakukan  inovasi sesuai perkembangan zaman di antaranya memperkuat  layanan digital. “Digitalisasi layanan terutama untuk usaha simpan pinjam kami kembangkan untuk mempercepat proses transaksi,” ungkap Joko.

Kopegkemenhub yang didirikan pada 29 Oktober 1970 ini tengah mengembangkan aplikasi digital untuk  layanan  usaha  simpan pinjam. Kehadiran aplikasi digital ini nantinya akan memudahkan  dan mempercepat proses transaksi bagi anggota dan sesuai dengan tren layanan digital yang semakin meningkat.

Selain mengembangkan aplikasi digital, Kopegkemenhub juga memanjakan anggotanya yang disiplin dalam melunasi angsuran pinjaman melalui pemberian cash back. Ini merupakan  upaya pengurus memberikan penghargaan kepada anggota yang menunaikan kewajibannya sesuai dengan waktu yang telah disepakati.

Peningkatan kualitas layanan lain yang dilakukan pengurus adalah mempercepat proses  transaksi  pinjaman menjadi 1(satu) hari kerja. Sebelumnya, proses persetujuan pinjaman membutuhkan waktu berhari-hari. Namun kini, menjadi lebih cepat dan  tanpa ribet. Percepatan persetujuan pinjaman ini sesuai dengan harapan anggota.

Upaya  peningkatan kualitas layanan dengan mempercepat proses persetujuan merupakan langkah jitu untuk menggenjot transaksi baik dari sisi volume maupun nilainya. Jika berkaca dari  kondisi eksternal seperti pinjaman online yang semakin digandrungi, kecepatan layanan adalah faktor penting untuk bisa bersaing di usaha simpan pinjam.


Untuk mendukung kelancaran digitalisasi layanan, pengurus juga meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan. Sehingga nantinya operasionalisasi aplikasi tersebut dapat  berjalan mulus. Pembenahan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung transformasi digital juga terus dikebut oleh pengurus.

Joko  menambahkan, selain layanan simpan  pinjam, Kopegkemenhub  juga memiliki toko  yang menyediakan  aneka barang seperti sembako, alat tulis kantor hingga elektronik. Minat anggota terhadap usaha toko ini antusias yang dibuktikan dengan meningkatnya transaksi penjualan baik dengan sistem cash maupun kredit. “Toko Kopegkemenhub  menyediakan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan anggota,” ucap Joko. 

Keunggulan lain dari toko koperasi yang terletak di Kantor Kementerian Perhubungan di jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta ini selain barang yang dijajakan cukup lengkap adalah harganya yang kompetitif. Hal ini ditujukan  agar  anggota antusias untuk membeli di toko tersebut. Dengan semakin meningkatnya penjualan, maka keuntungan koperasi akan bertambah yang pada muaranya akan kembali kepada anggota dalam bentuk pembagian sisa hasil usaha.

Kopegkemenhub didirikan dengan tujuan untuk memajukan kesejahteraan anggota serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Modal KopegKemenhub berasal dari iuran anggota khususnya pegawai yang berada di lingkungan Sekretariat Jenderal.

Upaya pengurus untuk mengembangkan inovasi tanpa henti tidak sia-sia. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah anggota dan kinerja keuangan yang meningkat setiap tahun. “Dukungan anggota menjadi kunci utama meningkatnya  kinerja koperasi,” pungkas Joko.

Pengurus ke depannya akan terus mengembangkan inovasi layanan agar anggota semakin loyal terhadap koperasi. Oleh karenanya, partisipasi dan dukungan anggota sangat dibutuhkan agar usaha Kopegkemenhub semakin berkembang pada masa mendatang. 

Konfirmasi Hak dan Kewajiban Koperasi Primer Anggota